Pengertian Progresif dan Contohnya

Progresif adalah sebuah kata yang memiliki beberapa arti, tergantung pada konteksnya. Secara umum, progresif berarti ke arah kemajuan, berhaluan ke arah perbaikan keadaan sekarang, atau juga bisa berarti bertingkat-tingkat naik.

Dalam konteks politik, progresif mengacu pada suatu aliran atau ideologi yang berkomitmen untuk perubahan sosial dan politik ke arah yang lebih baik. Progresif umumnya mendukung ide-ide seperti keadilan sosial, kesetaraan gender, dan perlindungan lingkungan.

Dalam konteks pendidikan, progresif mengacu pada suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pendidikan progresif menekankan pentingnya pengalaman belajar yang bermakna dan relevan dengan kehidupan siswa.

Dalam konteks teknologi, progresif mengacu pada suatu pendekatan yang berfokus pada pengembangan teknologi baru yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Progresif dalam teknologi umumnya mendukung ide-ide seperti open source, aksesibilitas, dan keberlanjutan.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan progresif dalam kehidupan sehari-hari:

  • Politik

  • Mendukung kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk mengurangi ketimpangan sosial, seperti kebijakan upah minimum yang lebih tinggi dan akses pendidikan yang lebih luas.

  • Mendukung kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan, seperti kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca dan kebijakan pengelolaan limbah yang berkelanjutan.

  • Pendidikan

  • Menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti metode pembelajaran aktif dan metode pembelajaran kooperatif.

  • Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya.

  • Teknologi

  • Mendukung pengembangan teknologi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial, seperti teknologi untuk mengatasi kemiskinan dan teknologi untuk mengatasi perubahan iklim.

  • Mendukung pengembangan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti teknologi untuk meningkatkan akses pendidikan dan teknologi untuk meningkatkan akses kesehatan.

Secara umum, progresif adalah sebuah sikap yang senantiasa bergerak ke depan dan kesiapan untuk mereformasi diri. Progresif adalah sikap yang tidak puas dengan status quo dan selalu mencari cara untuk memperbaiki keadaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top