8 Cara Membersihkan RAM HP dengan Benar

AyoGaes.Com – Kamu pasti pernah mengalami situasi di mana HP-mu terasa lemot, bukan? Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan RAM HP. RAM yang bersih akan membantu HP berjalan dengan lebih lancar. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan RAM HP-mu tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Jadi, jika kamu ingin tahu cara melakukannya, simak terus artikel ini!

8 Cara Membersihkan RAM HP dengan Benar

HP yang lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebab umum yang sering terjadi adalah karena kapasitas RAM dan storage yang terlalu kecil. Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas sedikit tentang apa itu RAM dan mengapa membersihkannya penting.

Apa Itu RAM?

RAM, atau Random Access Memory, adalah komponen penting dalam setiap perangkat elektronik, termasuk HP. RAM berperan sebagai tempat penyimpanan sementara (temporarily) untuk data dan aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang dapat disimpan dalam memori, sehingga HP dapat beroperasi dengan lebih lancar.

Mengapa Membersihkan RAM Penting?

Selain spesifikasi RAM dan storage yang terlalu kecil, penyebab HP lemot adalah menumpuknya file cache. Cache adalah penyimpanan informasi yang baru saja digunakan dan dapat diakses dengan cepat di lain waktu. Cache ini bisa ditemui di berbagai perangkat, termasuk HP dan komputer.

Menurut Tech Terms, ada empat jenis cache yang umum dikenal: cache browser, cache disk, cache memori, dan cache prosesor. Keberadaan cache seringkali tidak disadari oleh pengguna karena penyimpanannya dilakukan di latar belakang.

Cara Membersihkan RAM HP Tanpa Aplikasi

Sekarang, mari kita bahas beberapa cara membersihkan RAM HP tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Ini akan membantu meningkatkan kinerja HP-mu dengan mudah.

Menghapus Cache

Cara Membersihkan RAM HP

Salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache pada aplikasi tertentu, seperti Google Chrome. Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat akses ke konten yang sering kamu kunjungi. Namun, cache yang berlebihan dapat membuat HP terasa lemot. Untuk menghapus cache di Google Chrome, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Chrome di HP-mu.
  • Ketuk ikon titik tiga (menu) di sudut kanan atas.
  • Pilih “Settings” (Pengaturan).
  • Gulir ke bawah dan pilih “Privacy” (Privasi).
  • Pilih “Clear browsing data” (Hapus data penjelajahan).
  • Centang opsi “Cached images and files” (Gambar dan file cache).
  • Ketuk “Clear data” (Hapus data).

Ini akan membersihkan cache pada Google Chrome dan bisa membantu meningkatkan kinerja HP-mu.

Gunakan Aplikasi Files by Google

Files by Google adalah aplikasi yang berguna untuk menghapus data cache dan mengosongkan penyimpanan. Aplikasi ini tidak hanya menganalisis aplikasi yang tidak digunakan tetapi juga mampu mentransfer file dengan mudah. Berikut cara menggunakannya:

  • Unduh dan instal aplikasi Files by Google dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pada tab “Storage,” kamu bisa melihat gambaran umum mengenai jumlah penyimpanan yang tersisa di ponsel-mu.
  • Di bawahnya, kamu akan menemukan tips untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan menghapus data cache aplikasi dengan mudah.

Aplikasi ini akan membantu kamu mengidentifikasi dan membersihkan file yang tidak perlu, termasuk data cache.

Baca juga : 12 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop

Menonaktifkan Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstal pada HP-mu. Banyak produsen HP menginstal aplikasi-aplikasi ini secara default, dan beberapa dari mereka mungkin tidak kamu butuhkan. Menonaktifkan bloatware dapat membantu mengurangi beban RAM dan meningkatkan kinerja HP. Berikut adalah cara mengatasi HP lemot dengan menonaktifkan bloatware:

  • Buka menu “Settings” di HP-mu.
  • Pilih “Apps” atau “Applications” (Aplikasi) untuk melihat semua aplikasi yang terinstal di HP-mu.
  • Cari aplikasi bloatware yang ingin kamu nonaktifkan.
  • Ketuk aplikasi tersebut, dan kamu akan melihat opsi untuk menonaktifkannya.

Dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, kamu akan mengosongkan RAM dan storage yang sebelumnya digunakan oleh bloatware tersebut.

Update Sistem Operasi

Sistem operasi HP-mu juga memainkan peran penting dalam kinerja perangkat. Sebagian besar produsen HP akan meluncurkan pembaruan sistem secara berkala yang berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Meskipun mungkin kamu tidak melihat perbedaan yang besar, melakukan pembaruan sistem operasi akan membantu mengurangi kinerja HP yang lambat. Berikut cara memeriksa pembaruan sistem operasi:

  • Buka menu “Settings” di HP-mu.
  • Gulir ke bawah dan pilih “About Phone” (Tentang Ponsel).
  • Pilih “Software updates” (Pembaruan perangkat lunak) atau opsi serupa.
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, lakukan penginstalan.

Pembaruan sistem operasi akan membawa perbaikan yang mungkin tidak kamu sadari, tetapi akan membantu menjaga kinerja HP-mu tetap optimal.

Gunakan Aplikasi dengan Versi Penyimpanan Ringan

Jika HP-mu memiliki memori yang terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi dengan versi penyimpanan ringan. Beberapa aplikasi populer, seperti Facebook, memiliki versi “Lite” yang dirancang khusus untuk perangkat dengan memori yang terbatas. Aplikasi ini biasanya lebih ringan dan memerlukan lebih sedikit sumber daya, termasuk RAM. Contoh aplikasi dengan versi penyimpanan ringan adalah Facebook Lite, Twitter Lite, Skype Lite, dan Messenger Lite.

Restart Handphone Secara Berkala

Proses restart secara berkala dapat membantu membersihkan cache memori dan meningkatkan kecepatan ponsel. Jika kamu menggunakan ponsel dengan penyimpanan dan memori yang terbatas, lakukanlah restart setiap seminggu sekali. Proses ini akan membantu menghapus data sementara yang tidak diperlukan dan memberikan kesegaran pada HP-mu.

Mengurangi Animasi

Animasi yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja HP-mu, terutama jika HP-mu memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa mengurangi atau mematikan animasi untuk meningkatkan responsivitas HP-mu. Berikut cara melakukannya:

  • Buka menu “Settings” di HP-mu.
  • Cari dan pilih “About Phone” (Tentang Ponsel).
  • Temukan opsi “Build number” (Nomor pembuatan) dan ketuk beberapa kali hingga mode pengembang diaktifkan.
  • Kembali ke menu “Settings” dan pilih “System” (Sistem).
  • Pilih “Developer options” (Opsi pengembang).
  • Temukan opsi “Window animation scale,” “Transition animation scale,” dan “Animator duration scale.”
  • Ubah nilai-nilai ini menjadi 0.5 atau 0 (tergantung pada preferensimu).

Dengan mengurangi animasi, kamu dapat membuat HP-mu terasa lebih responsif dan cepat.

Cara Membersihkan RAM HP dengan Benar

Menggunakan langkah-langkah di atas akan membantu cara membersihkan RAM HP mu dan meningkatkan kinerjanya. Ingatlah bahwa membersihkan RAM adalah salah satu langkah penting untuk menjaga HP mu tetap berjalan dengan lancar. Di bawah ini, kita rangkum langkah-langkah tersebut:

  1. Buka menu “Settings” dan pilih “System.”
  2. Pilih “About Phone,” lalu ketuk beberapa kali pada nomor pembuatan hingga mode pengembang diaktifkan.
  3. Kembali ke menu “System” dan pilih “Developer options.”
  4. Ubah pengaturan animasi untuk mengurangi animasi yang berlebihan.

Penutup

Demikianlah beberapa cara membersihkan RAM HP -mu dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan kinerja HP-mu tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Ingatlah untuk secara berkala membersihkan RAM dan menjaga penyimpanan agar HP-mu selalu berjalan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki HP yang lebih responsif dan lancar dalam menjalankan berbagai tugas sehari-hari!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top