12 Langkah Cara Membersihkan Kulkas Agar Kinclong

AyoGaes.Com – Kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang mungkin menjadi perangkat terbesar di dapur Anda, namun seringkali diabaikan ketika tiba saatnya untuk membersihkannya. Kita sering lebih fokus pada kebersihan permukaan lain di dapur seperti countertop dan kompor, namun kulkas yang bersih adalah kunci untuk menjaga makanan tetap segar, menghemat energi, dan memperpanjang umur kulkas Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam cara membersihkan kulkas dengan benar dan efisien. Kami akan menguraikan langkah-langkahnya, memberikan tips berguna, dan menjawab pertanyaan umum tentang perawatan kulkas Anda.

Cara Membersihkan Kulkas dengan Tepat

Cara Membersihkan Kulkas

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkahnya, mari kita tentukan bahan-bahan yang akan Anda butuhkan:

  1. Handuk Basah: Siapkan beberapa handuk basah yang bersih.
  2. Sabun Cuci Piring: Anda dapat menggunakan sabun cuci piring biasa.
  3. Air Panas: Persiapkan air panas untuk membersihkan permukaan kulkas.
  4. Soda Kue: Campurkan 1 bagian soda kue dengan 7 bagian air panas dan aduk hingga soda kue larut. Alternatifnya, Anda dapat merendam handuk bersih dalam campuran ini.
  5. Sikat Gigi Lama: Jika ada celah kecil di kulkas yang tidak dapat dijangkau dengan handuk, Anda dapat menggunakan sikat gigi lama.
  6. Cuka Putih: Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan cuka putih yang diencerkan dengan jumlah air yang sama.

Langkah Pertama: Menentukan Produk Pembersih yang Tepat

Langkah pertama dalam cara membersihkan kulkas adalah memilih produk pembersih yang sesuai. Anda dapat menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang umumnya tersedia seperti sabun cuci piring, air panas, soda kue, sikat gigi lama, atau cuka putih yang diencerkan. Hindari penggunaan pembersih komersial yang aromanya bisa berpindah ke makanan Anda. Cuka putih yang diencerkan adalah pilihan yang baik.

Langkah Kedua: Mengosongkan Kulkas Sebelum Membersihkannya

Ya, saat Anda akan membersihkan bagian dalam kulkas, pastikan untuk mengosongkannya terlebih dahulu. Buang makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak layak dikonsumsi. Simpan makanan lainnya di luar kulkas sementara Anda membersihkannya. Jika perlu, gunakan kotak es untuk menjaga makanan tetap dingin selama proses pembersihan.

Langkah Ketiga: Mencabut Kabel Listrik (Jika Perlu)

Tidak perlu mencabut kabel listrik kulkas kecuali Anda akan membersihkan gulungan (coil) kulkas. Untuk membersihkan bagian dalam dan luar kulkas, Anda dapat meninggalkannya terhubung. Pastikan kulkas dalam keadaan mati selama proses pembersihan agar aman, dan gunakan air panas untuk membantu membersihkan permukaan dingin.

Langkah Keempat: Membersihkan Rak atau Laci di dalam Kulkas

Jika rak atau laci di dalam kulkas dapat dilepas, langkah pertama adalah mengeluarkannya dan mencuci mereka dengan tangan. Gunakan sabun cuci piring biasa dan air panas. Jika rak terbuat dari kaca, biarkan mereka mencapai suhu ruangan sebelum mencucinya agar tidak pecah.

Jika ada tumpahan atau sisa makanan yang sulit dihilangkan, rendam rak atau laci dalam bak cuci selama beberapa menit. Setelah itu, kotoran akan mudah dihapus. Pastikan untuk mengeringkan rak atau laci dengan baik sebelum meletakkannya kembali di dalam kulkas.

Langkah Kelima: Mengatasi Rak yang Tidak Bisa Dilepas

Jika ada rak yang tidak dapat dilepas, Anda dapat membersihkan bagian dalam kulkas dengan langkah-langkah berikut:

  • Mulailah dari atas ke bawah untuk memastikan Anda tidak mengotori area yang sudah dibersihkan.
  • Gunakan air panas dan soda kue untuk melunakkan residu yang lengket.
  • Gunakan sikat gigi bekas untuk mencapai area yang sulit dijangkau, seperti celah dan area yang sempit.

Langkah Keenam: Membersihkan Bagian Luar Kulkas Stainless Steel

Membersihkan bagian luar kulkas stainless steel tidak sesulit yang Anda kira. Ikuti langkah-langkah ini:

  1. Lap permukaan stainless steel dengan kain basah dan sedikit sabun cuci piring. Pastikan sabun cuci piring Anda tidak mengandung klorin, yang dapat merusak lapisan stainless steel.
  2. Bilas dengan kain basah yang bersih.
  3. Keringkan dengan kain kering yang bersih.

Jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa mencoba pembersih khusus untuk stainless steel. Namun, seringkali sabun cuci piring sederhana dan air sudah cukup untuk membersihkan kulkas stainless steel Anda. Hindari menggunakan pembersih abrasif atau spons yang bisa merusak permukaan stainless steel.

Langkah Ketujuh: Menghilangkan Kotoran pada Segel Pintu Kulkas

Kotoran yang menempel pada segel pintu kulkas, atau “gasket,” bisa menjadi masalah. Berikut adalah cara menghilangkannya:

  1. Gunakan kain yang direndam dalam air panas dan sabun cuci piring untuk membersihkan segel pintu kulkas.
  2. Oleskan vaseline atau minyak mineral pada segel pintu setelah membersihkannya untuk menjaga kelenturan karet.

Periksa segel pintu secara berkala untuk memastikan tidak ada retak atau sobekan yang dapat mengakibatkan pintu kulkas tidak menutup rapat. Jika ada masalah seperti ini, pertimbangkan untuk mengganti segel pintu yang rusak.

Langkah Delapan: Membersihkan Gulungan Kulkas

Membersihkan gulungan (coil) kulkas adalah langkah penting dalam pemeliharaan kulkas Anda. Lakukan ini setidaknya sekali setahun atau lebih sering jika Anda memiliki hewan peliharaan yang mengeluarkan banyak rambut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cabut kabel listrik kulkas untuk keamanan.
  2. Gunakan vacuum cleaner dengan aksesori sikat untuk menyedot debu dari gulungan kulkas. Anda mungkin perlu menggunakan masker debu jika debu yang terkumpul cukup banyak.
  3. Jika perlu, gunakan sikat khusus untuk membersihkan gulungan kulkas secara lebih mendalam.

Membersihkan gulungan kulkas membantu menjaga kulkas agar tetap bekerja dengan baik dan efisien.

Langkah Sembilan: Menghilangkan Label atau Residu yang Lengket

Kadang-kadang, Anda mungkin menemui label atau residu yang lengket pada kulkas Anda. Berikut adalah cara menghilangkannya:

  1. Rendam kain dalam air panas dengan sedikit sabun cuci piring dan biarkan selama beberapa menit untuk melunakkan residu.
  2. Gunakan minyak, seperti minyak sayur atau minyak mineral, untuk menghilangkan residu yang tersisa.
  3. Jika minyak tidak berhasil, coba gunakan kapas yang direndam dalam alkohol.

Setelah berhasil menghilangkan residu, pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan kain yang direndam dalam air sabun panas untuk menghapus minyak.

Langkah Sepuluh: Sanitasi Kulkas (Opsional)

Sanitasi kulkas adalah opsional, tetapi dapat membantu menjaga kebersihan dan keamanan makanan Anda. Anda dapat membuat larutan sanitasi dengan mencampurkan 1 sendok makan cairan pemutih dalam 1 galon air. Selanjutnya, celupkan kain bersih ke dalam larutan ini dan gunakan untuk membersihkan seluruh bagian dalam kulkas dan rak-raknya. Jangan lupa untuk membuka pintu kulkas dan biarkan uap keluar sebelum meletakkan kembali makanan dan menutup pintunya.

Langkah Sebelas: Menjaga Kulkas Tetap Bersih dengan Rutin

Cara membersihkan kulkas bukan hanya tugas sekali dalam setahun. Kulkas yang digunakan secara aktif atau dalam keluarga besar mungkin perlu dibersihkan lebih sering. Setidaknya, lakukan pembersihan menyeluruh kulkas Anda setidaknya dua kali setahun untuk menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, bersihkan tumpahan atau noda segera setelah mereka terjadi agar tidak mengendap dan sulit dihilangkan.

Langkah Dua Belas: Mencegah Bau yang Tak Sedap

Untuk mencegah bau yang tak sedap di dalam kulkas Anda di antara proses pembersihan, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Soda Kue: Letakkan kotak soda kue terbuka di bagian belakang kulkas untuk menyerap bau. Soda kue adalah penyerap bau alami yang tidak memiliki bau sendiri. Ganti kotak soda kue ini setiap beberapa bulan.
  2. Deodorizer Kulkas: Jika ruang di dalam kulkas Anda terbatas, Anda dapat membeli deodorizer kulkas yang dapat menempel di sisi atau belakang kulkas Anda.

Penutup

Cara membersihkan kulkas adalah tugas penting dalam menjaga kebersihan, keamanan, dan kualitas makanan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukan perawatan rutin, Anda dapat menjaga kulkas Anda tetap bersih, bebas bau, dan berfungsi optimal. Jangan abaikan kulkas Anda dalam rutinitas membersihkan rumah Anda, karena kulkas yang bersih adalah kunci untuk kehidupan sehat dan nyaman di rumah Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top